Rabu, 27 November 2013

Document Object Model(DOM)

Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirohman ni rohim ..

Langsung saja tanpa basa basi

Kali ini saya akan membahas tentang apa itu Document Object Model atau lebih singkatnya DOM.

Apa yang dimaksud DOM ? 

DOM adalah suatu standar untuk mengakses dokumen. Dapat di katakan juga bahwa DOM sebagai sebuah platform yang memungkinkan program dan skrip secara rinci dan tersusun dalam mengakses dan memperbarui konten, struktur, dan gaya dari sebuah dokumen. DOM dalam pengaksesannya harus secara spesifik (jelas asalnya) menyesuaikan dengan struktur HTML. Intinya , pengaksesan dari bagian tertentu dari halaman tergantung pada struktur dari HTML. 


Contoh Struktural dari DOM


    



Secara sturuktural DOM seperti pada contoh di atas mempunya beberapa tag-tag dari tag html.


Contoh coding:

<div id="Saya">Saya kurang ganteng</div>
Yang di atas adalah tag-tag html
var divTest = document.getElementById("Saya");
nah disini kita menggunakan method getElementById dimana perintahnya akan mencari dokumen dengan id yang sudah ditujukan.
Dan tag-tag html tersebut sudah menjadi sebuah object di javascript. Jadi kita bisa rubah atau tambahkan sesuatu lainnya. Ini dia seperti dibawah :
divTest.innerHTML = "Saya ganteng sekali";
Maka tag-tag html tadi akan berubah menjadi :
<div id="Saya">Saya ganteng sekali</div>



Intinya dari contoh di atas yaitu kita dapat memanipulasi atau mengatur suatu isi atau object dari html tersebut.

Itu saja penjelasan dari saya , mudah-mudahan para pembaca memahami isi dari blog saya ini. Walaupun tidak mengerti setidaknya sedikit paham dari penjelasan saya hehe... 

Bagi yang ingin belajar lebih jauh tentang dom bisa membuka situs seperti www.w3schools.com

Sebelum saya tutup saya berikan video tentang DOM



Semoga Bermanfaat bagi para pembaca disini :)

Kurang lebihnya mohon maaf jika ada kata kata dari saya yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum wr.wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar